Makruh TAHRIIM ialah makruh yang berakibat pada dosa
الفرق بين كراهة التحريم وكراهة التنزيه: أن الأولى تقتضي الإثم، والثانية لاتقتضيه.
Perbedaan antara Makruh TAHRIIM dan Makruh Tanziih adalah makruh yang pertama berakibat dosa sedang makruh yang kedua tidak.
I’aanah at-Tholibi n I/121, Al-Fiqh al-Islaam I/598
Perbedaan MAKRUH TAHRIM dengan HARAM
والفرق بين كراهة التحريم والحرام مع أن كلا يقتضي الإثم أن كراهة التحريم ما ثبتت بدليل يحتمل التأويل والحرام ما ثبت بدليل قطعي لا يحتمل التأويل من كتاب أو سنة أو إجماع أو قياس
Perbedaan antara makruh tahriim dan Haram yang kedua-duan ya berakibat dosa
Makruh Tahrim : Ketetapan hukum yang berdasarka n dalil yang masih memungkink an dita’wil (ditafsiir i)
Haram : Ketetapan hukum yang berdasarka n dalil yang tidak dapat lagi dita’wili baik berdasarka n alQuran, Hadits, Ijma ataupun Qiyas.
I’aanah at-Thoolib iin I/121, Tuhfah al-Habiib II/ 43, Hasyiyah al-Bujairami ala al-Khathii b III/416
وَالتَّحْر ِيمُ وَكَرَاهَة ُ التَّحْرِي مِ يَتَشَارَك َانِ فِي اسْتِحْقَا قِ الْعِقَابِ بِتَرْكِ الْكَفِّ ، وَيَفْتَرِ قَانِ فِي أَنَّ التَّحْرِي مَ : مَا تُيُقِّنَ الْكَفُّ عَنْهُ بِدَلِيلٍ قَطْعِيٍّ .
وَالْمَكْر ُوهُ مَا تَرَجَّحَ الْكَفُّ عَنْهُ بِدَلِيلٍ ظَنِّيٍّ (1) .
وَفِي مَرَاقِي الْفَلاَحِ : الْمَكْرُو هُ : مَا كَانَ النَّهْيُ فِيهِ بِظَنِّيٍّ . ، وَهُوَ قِسْمَانِ : مَكْرُوهٌ تَنْزِيهًا وَهُوَ مَا كَانَ إِلَى الْحِل أَقْرَبَ ، وَمَكْرُوه ٌ تَحْرِيمًا وَهُوَ مَا كَانَ إِلَى الْحَرَامِ أَقْرَبَ ، فَالْفِعْل إِنْ تَضَمَّنَ تَرْكَ وَاجِبٍ فَمَكْرُوه ٌ تَحْرِيمًا ، وَإِنْ تَضَمَّنَ تَرْكَ سُنَّةٍ فَمَكْرُوه ٌ تَنْزِيهًا ، لَكِنْ تَتَفَاوَت ُ كَرَاهَتُه ُ فِي الشِّدَّةِ وَالْقُرْب ِ مِنَ التَّحْرِي مِ بِحَسَبِ تَأَكُّدِ السُّنَّةِ (2)
__________
(1) شرح مسلم الثبوت للأنصاري 1 / 57 - 58 ، والتعريفات للجرجاني 228 .
(2) حاشية الطحطاوي على مراقي الفلاح 188 - 189 .
Haram dan Makruh Tahriim kedua-kedu anya dalam kesamaan dalam berhaknya atas siksa akibat pelarangan nya, keduanya berbeda dari segi ketetapan hukum haram pelarangan nya bersumber dari dalil pasti sedang makruh tahrim dari dalil yang zhonny (dalil dugaan kuat) yang diunggulka n (Syarh al-Muslim ats-tsubuu t li anshoory I/ 57-58 dan Ta’rifat li alJurjaany hal.228)
Dalam kitab Muraaqi al-Falaah dijelaskan “Makruh adalah ketetapan yang pelarangan nya berdasarka n zhonny (praduga kuat) dan terbagi atas dua macam :
1. Makruh Tanziih ialah makruh yang lebih cenderung mendekati hukum halal
2. Makruh Tahriim ialah makruh yang lebih cenderung mendekati hukum haram
Maka sebuah perbuatan bila mengandung meninggalk an kewajiban kemaruhann ya kearah tahriim sedang bila mengandung meninggalk an kesunahan kemaruhann ya kearah tanziih hanya saja kadar dan kedekatan yang terdapat pada makruh tanzih dengan makruh tahriim tentunya juga berbeda disebabkan muakkad (kokokh) dan tidaknya sebuah kesunahan.
Al-Mausuu’ ah al-Fiqhiyy ah X/206
Iam El Bassyasy
perdedaan makruh tahrim & tanzih:
* Tahrim = berakibat dosa
* Tanzih = tdk
Sdgkn Persamaann ya: sama2 makruh (tdk dsukai)
Perbedaan haram & makruh tahrim :
*HARAM: dalil (keharaman nya) kuat
* tahrim: dalilnya lemah.
Sdgkn persamaann ya: sama2 berakibat dosa.
Wallahu a'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar